Menolong Orang Lain = Membantu Diri Sendiri


Bismillah..

Sahabat perindu syurga, sudah lama tidak ngaji di blog. Kali ini mari sedikit luangkan waktu untuk menyimak sebuah hadits dari Nabi SAW berikut.

Dari Abu Hurairah, dia berkata, Rasulullah SAW bersabda :

image

” Barang siapa menghilangkan satu kesusahan seorang Mukmin dari kesusahan-kesusahan didunia, maka Allah akan menghilangkan darinya satu kesusahan dari kesusahan-kesusahan hari kiamat.

Dan barang siapa memudahkan urusan seseorang yang dalam kesulitan, maka Allah akan memudahkan urusannya didunia dan akhirat. Dan barang siapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya didunia dan akhirat. Dan Allah selalu menolong hambaNya selama hamba itu menolong saudaranya. Dan barang siapa meniti jalan untuk mencari ilmu, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga. Dan tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah, membaca dan saling mengajarkan al-Qur’an diantara mereka, melainkan ketenangan akan diturunkan kepada mereka, rahmat Allah akan meliputi mereka, para malaikat akan mengelilingi mereka, dan Allah akan menyebut mereka pada para malaikat disisiNya. Dan barang siapa lambat amal ibadahnya, maka nasabnya tidak bisa mempercepatnya untuk menyusul (pahala orang-orang yang beramal)”. (HR. Muslim)

Imam an-Nawawi berkata ” hadits ini merupakan hadits yang agung, karena didalamnya terkumpul ilmu pengetahuan, kaidah-kaidah kehidupan dan adab-adab”.

Sedang kata Naffasal kurbah (menghilangkan kesusahan) didalamnya terkandung fadhilah (keutamaan) bagi seseorang yang memenuhi hajat kaum muslimin dan memberikan manfaat pada mereka dengan sesuatu yang mudah dia lakukan berupa ilmu, harta, pertolongan, memberikan petunjuk kepada masalah, nasehat dan lain-lain.

Semoga hadits ini kian menginspirasi kita untuk kian giat berbuat baik kepada sesama, menjadi pribadi muslim dengan akhlakul karimah – akhlak yang mulia.

ABDI SUHAMDI’s Blog

Tidak menemukan artikel yang anda cari? KLIK disini :