Beranda > Tv & Parabola > Panduan Tracking Satelit Thaicom 5

Panduan Tracking Satelit Thaicom 5

5 April 2013

image

Karena banyak pertanyaan yang masuk menanyakan tentang bagaimana cara tracking/mencari satelit thaicom5, maka saya coba membantu tips alakadarnya melalui artikel ini. Sebenarnya tulisan ini sudah lama parkir di draft saya dan dengan sedikit editing akhirnya saya berkesempatan juga untuk mempublishnya.

Thaicom5
Sebelumnya kita berkenalan dulu dengan thaicom5. Thaicom 5 posisinya berada pada 78.5° Bujur Timur. Sama halnya dengan Palapa D, Thaicom5 juga punya frekuensi C band dan KU band. Dan pembahasan kita kali ini hanya C band karena di frekuensi ini yang banyak channel fta nya.

Thaicom 5 banyak terdapat channel-channel yang menarik khususnya channel-channel yang menayangkan laga-laga liga sepakbola eropa ataupun olahraga lainnya, sebut saja misalnya T Sport, Modernine TV, BEC Ch 3 BBTV Ch 7, CH 8, ATV Ch 5,Hang Meas TV, True 10, RS Sport La Liga dll… dll.

Hal ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri yang mampu memikat hati pemirsa tv Indonesia untuk berburu satelit ini guna bisa nonton pertandingan favorit. Dan menjadikan Thaicom5 sebagai sumber channel alternatif manakala siaran channel dalam negeri tidak mampu memenuhi hasrat mata pemirsa tv tanah air.

Beam
Beam atau jangkauan satelit thaicom5 dapat di lihat di bawah ini.

image

Tips-trik tracking
Pada dasarnya dalam tracking (mencari posisi) satelit hal yang terpenting yang harus kita miliki adalah sabar dan teliti. Kesabaran dan ketelitian sangat penting. Karena jika tracking sambil emosi dan buru-buru bisa jadi hasilnya cuma capek dan kepanasan.

Berikut tips sederhana tracking satelit thaicom 5 ala Abdi suhamdi’s blog.

☞ Kenali posisi thaicom5. Thaicom 5 berada pada posisi 78,5°BT, sebagai perbandingan Palapa D diposisi 113°BT. Artinya kita perlu menggeser posisi parabola 34,5° ke barat dari posisi satelit palapa. Jika di konfersi ke centimeter, thaicom5 dari palapa D lebih kurang sekitar 13cm, 17cm atau 20cm tergantung dari besarnya diameter dish parabola yang digunakan.

☞ Sebagai pedoman Input frec 3600 H 26667 atau 3765 V 5900 di satelit thaicom5 pada receiver anda. Jika belum ada satelit thaicom5 buat dulu melalui pengaturan satelit atau jika tidak ingin repot input saja frec tersebut di posisi sat palapa.

☞ Perhatikan indikator kekuatan sinyal di frec yang baru diinput tadi, lalu perlahan geser parabola anda dari posisi semula satelit palapa ke arah barat sejauh 34,5° (13 s/d 20cm) hingga berada di posisi thaicom 78,5°. Geser secara perlahan. Perhatikan indikator sinyal di layar tv, Jika sinyal sudah muncul berarti anda telah B E R H A S I L !!! :-D  selamat. Lalu lakukan blind scan/oto scan di receiver anda.

☞ Alternatif lain bila parabola sudah digeser ke 78,5° BT (13 s/d 20 cm dari palapa) namun sinyal belum muncul, dari pengalaman pribadi saya kendurkan baut pengunci dish parabola di tiang parabola (biasanya baut 14″ sebanyak 4buah) lalu secara perlahan putar parabola kearah jam 11. Ini menandakan parabola anda belum berada pada posisi yang tepat segaris lurus dengan bujur timur-barat (garis katulistiwa).

Frekuensi
Untuk frekuensi lengkap di satelit thaicom5 anda dapat melihatnya disini.

Itulah sedikit tips dari saya, untuk selebihnya anda bisa bereksperimen sendiri. Atau punya pengalaman pribadi tentang tips tracking berbagai satelit ala anda sendiri silahkan di share di komentar. Atau kirimkan tulisan anda ke Abdi suhamdi’s blog untuk menjadi penulis tamu. Baca infonya disini.

Mari ngobrolin dan membahas lebih jauh tentang satelit disini.

Dukung dan jadilah satu dari seribu lainnya dengan meninggalkan jejak anda dengan like disini. Trimakasih. (Asb)

ABDI SUHAMDI

About these ads
  1. 2 Agustus 2013 pukul 18:44 | #1

    Aslm alaikum,apa kabar sahabat ASB Moga selalu dalam lindungan Allah SWT amin,maaf master aq dalam kesulitan dalam mencari biss key siaran satlitet THAICOM5 mohan bantuanya agar dipopsting,atas bantuaanya sebelumnya saya ucapkan terimakasih!!!

  2. Mahfud Ali Parabola
    3 Agustus 2013 pukul 08:15 | #2

    Selamat Pagi admin dan rekan semua….semoga sehat selalu…..oh yha katanya Thaicom 5 Ku chanelnya diacak Irdeto tapi bisa dibuka Biss kira2 ada Yang Punya bIssnya….mohon pencerahannya Gan………..

    Atau rekan2 yang Mau kasih Bales Koment ini atau Zmz ke 085357721687 ……….Makasih sebelumnya

  3. 21 Agustus 2013 pukul 14:58 | #3

    gan, ane tinggal di bogor pake venus yaris parabola gerak diseqc, ane udah tambah satelit dan salurannya, tapi pas ane puter2 parabolanya ga dapet sinyal gan, mohon pencerahan ya

  4. 10 September 2013 pukul 08:08 | #4

    Assalamu’alaikum bang Abdi BBTV Ch 7, True 10 sudah di lock tapi Modernine TV dan M COT belum bisa gimana ni bang, posisi KalSel

    • 10 September 2013 pukul 08:40 | #5

      Coba mas kaka,di puter kiri-kanan dikit dishnya sampai muncul signal ,soalnya modernine ama mcot itu hrs bnr2 pas,tapi klo uda dpt signal. yg lain biasanya makin nambah signalnya.
      ::Powered by Telkomsel Blackberry::

      • 10 September 2013 pukul 09:21 | #6

        terima kasih bro yans ary jawabannya..

  5. ady
    12 September 2013 pukul 14:30 | #7

    click nama sya

Comment pages
1 2 1558
Komentar ditutup.
%d bloggers like this: