Beranda > Dunia Islam > Menolong Orang Lain = Membantu Diri Sendiri

Menolong Orang Lain = Membantu Diri Sendiri

4 September 2012

Bismillah..

Sahabat perindu syurga, sudah lama tidak ngaji di blog. Kali ini mari sedikit luangkan waktu untuk menyimak sebuah hadits dari Nabi SAW berikut.

Dari Abu Hurairah, dia berkata, Rasulullah SAW bersabda :

image

” Barang siapa menghilangkan satu kesusahan seorang Mukmin dari kesusahan-kesusahan didunia, maka Allah akan menghilangkan darinya satu kesusahan dari kesusahan-kesusahan hari kiamat.

Dan barang siapa memudahkan urusan seseorang yang dalam kesulitan, maka Allah akan memudahkan urusannya didunia dan akhirat. Dan barang siapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya didunia dan akhirat. Dan Allah selalu menolong hambaNya selama hamba itu menolong saudaranya. Dan barang siapa meniti jalan untuk mencari ilmu, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga. Dan tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah, membaca dan saling mengajarkan al-Qur’an diantara mereka, melainkan ketenangan akan diturunkan kepada mereka, rahmat Allah akan meliputi mereka, para malaikat akan mengelilingi mereka, dan Allah akan menyebut mereka pada para malaikat disisiNya. Dan barang siapa lambat amal ibadahnya, maka nasabnya tidak bisa mempercepatnya untuk menyusul (pahala orang-orang yang beramal)”. (HR. Muslim)

Imam an-Nawawi berkata ” hadits ini merupakan hadits yang agung, karena didalamnya terkumpul ilmu pengetahuan, kaidah-kaidah kehidupan dan adab-adab”.

Sedang kata Naffasal kurbah (menghilangkan kesusahan) didalamnya terkandung fadhilah (keutamaan) bagi seseorang yang memenuhi hajat kaum muslimin dan memberikan manfaat pada mereka dengan sesuatu yang mudah dia lakukan berupa ilmu, harta, pertolongan, memberikan petunjuk kepada masalah, nasehat dan lain-lain.

Semoga hadits ini kian menginspirasi kita untuk kian giat berbuat baik kepada sesama, menjadi pribadi muslim dengan akhlakul karimah – akhlak yang mulia.

ABDI SUHAMDI’s Blog

Tidak menemukan artikel yang anda cari? KLIK disini :

  1. 15 September 2012 pukul 17:58 | #1

    Am

  2. indra
    23 November 2012 pukul 14:46 | #2

    apakah saudara bisa membantu saya?jika ya,tlong hub saya di 081228281632. terimakasih sebelumnya

  3. 23 November 2012 pukul 15:03 | #3

    Silahkan sampaikan saja apa yg bisa saya bantu untuk anda di koment ini… Insya Alloh jika bisa akan saya bantu…

    • indra
      23 November 2012 pukul 16:31 | #4

      terimakasih atas tanggapannya.. sebenarnya saya tidak ingin mengumbar kesusahan,dan ini pertama saya menulis seperti ini.. saya ingin meminjam uang 5jt rupiah,saudara dn tman sudah saya coba hasilnya nihil,ke bank tdk mungkin krn saya bru keluar dr pekerjaan.uang akan saya gunakan sebagian untuk menebus mtor saya yg tlh saya gadaikan dn sdh jtuh tempo,sbgian lg untuk usaha jualan leker,atau bakso keliling dgn mtor..jika ad sisa untuk kbutuhan rumah tangga saya.jika ad syarat2nya akan saya lengkapi..terimakasih banyak mau mendengar keluhan saya..saya sgt berharap anda mau membantu.

  4. indra
    26 November 2012 pukul 10:11 | #5

    ternyata hanya bisa menulis tp tdk bisa mengamalkan,hanya bisa berkata tp tdk bisa berbuat.Allah maha pengasih lagi maha penyayang.

  5. 26 November 2012 pukul 10:25 | #6

    Saya hanya menyampaikan hadist Rasululloh, dan apa yang saya sampaikan bukanlah perkataan saya tapi perkataan rasululloh. Dan setiap orang tentu punya batas kemampuan dalam menolong orang. Jika tidak mampu tentu tidak harus dipaksakan. 5jt adalah sesuatu yang besar, kalau anda tinggal disamping rumah saya dan sudah saling mengenal tentu bukan sesuatu yang berat untuk membantu anda… Siapa bilang saya hanya bisa nulis dan tidak bisa mengamalkan? tentu yang butuh bantuan dan ingin dibantu bukan cuma anda.

  6. indra
    26 November 2012 pukul 10:53 | #7

    ya,sbenernya saya hanya ingin sebuah jwban..maaf kalo kata2 saya menyinggung anda,saya tahu anda orang yg sgt baik..memang tdk mudah bgi saya,dn ikhtiar yg sya lakukan..saya ingin meminta nasehat dr anda..ap yg hrs saya lakukan?ktika smua sdh lwat jtuh tempo,dn hnya kepasrahan yg ad..

  7. 26 November 2012 pukul 11:30 | #8

    Yang pasti do’a dan ikhtiar harus tetap beriring. Ini adalah satu bagian episod dari hidup yang mau tidak mau harus anda lalui. Percayalah anda pasti akan sanggup melaluinya, karna Alloh tidak akan menguji anda melebihi kesanggupan anda. Jika anda ingin motivasi lebih, anda bisa sering-sering menyimak ceramah-ceramah ustdz Yusuf Mansyur yang memang sangat ahli terhadap hal-hal yang berkaitan seperti yang sedang anda hadapi.

    • indra
      26 November 2012 pukul 11:56 | #9

      ya,pernah sy membaca bukunya.tp kdang semua hnya nasehat tnpa ad solusi pasti,sminggu ni sya berusaha cri pinjaman tp belum jg hasil..hanya nasehat untuk sbar dn brdoa.tiap waktu sy brdoa,tp Allah belum berkenan.

Komentar ditutup.
