Beranda > Umum > Tips menambahkan kipas pendingin di reciever parabola

Tips menambahkan kipas pendingin di reciever parabola

11 Juli 2012

image

Punya reciever yang gak tahan panas? Mau dibuang sayang? Itulah yang ASB alami. Reciever murah meriah seharga 180ribu rupiah merk Goldsat GSR 1800 ini gak tahan panas. Jika dinyalakan dua atau tiga jam maka reciever sudah kepanasan akibatnya gambar di tv jadi jadi hitam putih, warnanya kadang timbul dan tenggelam.

Berbekal sisa-sisa ilmu elektronika waktu masih sekolah dulu maka ide pun muncul untuk mendinginkan reciever yang gak tahan panas ini.

Solusinya sederhana yaitu dengan menambahkan kipas pendingin seharga 7000 rupiah. Kipas kecil tapi punya manfaat yang besar.

image

Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah. Tinggal buka penutup reciever maka akan terlihat cuma ada dua bagian utama, sebut saja bagian A dan B.

image

Mungkin karena harganya yang murah dan untuk menekan biaya produksi membuat pabrikan sedikit mangabaikan untuk menambahkan plat pendingin. Dan komponen pun terlihat sederhana hanya ada bagian A yang merupakan rangkaian reciever pengolah signal dan program dan rangkaian B yang merupakan rangkaian power suplay. Rangkaian A lah yang perlu didinginkan dengan kipas.

Letakkan kipas dimana saja didalam box reciever yang penting mengarah ke rangkaian A. Ambil arus listrik dari rangkaian B untuk menyalakan kipas.

image

Rangkaian B terdiri dari trafo,resistor,condensator elco, dioda dan sebagainya. Pilih condensator elco dan cari yang voltase nya 12 volt (karena kipas yang digunakan 12 volt) boleh lebih atau kurang sedikit.

image

Solder kabel kipas dibagian belakang rangkaian tepat dikaki condesator elco. Sesuaikan polaritasnya, kabel merah kipas ke kaki positif (+) dan kabel hitam ke kaki negatif (-) condensator elco. Tes dan selesai.

Apakah akan mengganggu kinerja dari reciever ini setelah rangkaian B (power suplay) dibebani kipas? Sama sekali tidak. Hal ini sudah ASB buktikan selama dua tahun ini reciever masih nyala dan bisa digunakan tanpa kendala.

Pasang kembali penutup recievernya dan siap digunakan kembali.

ABDI SUHAMDI’s Blog

Tidak menemukan artikel yang anda cari? KLIK disini :

About these ads
  1. Anndie
    11 Juli 2012 pukul 13:48 | #1

    Lam kenal bro…mantap…skalian mo nanya nech klw mantrik hd kan dah ada slot usb na tuch,,,,klw digunakan bwt kipas laptope gimana …ngaruh ga???thanks

  2. ian
    11 Juli 2012 pukul 16:38 | #2

    assalamu alaikum.
    mau nanya mas abdi. Untuk input biss matrix prolink HD PVR ada pilihan SID. Apa arti SID ?
    bagaimana cara mengetahui SID masing masing channel yang diacak ?
    kalau channel udah diacak toling ya mas di update biss key nya kalau udah dimulai laga EPL atau UCL !
    trima kasih mas abdi

  3. dadang muhammad
    11 Juli 2012 pukul 21:53 | #3

    mantap gan,tips menambah kipas pd rec.prbolax.patut di tiru hasil kreasi yg smart

  4. ben gurion
    26 Juli 2012 pukul 16:00 | #4

    salam keanal mas. dari ben gurion

  5. 23 Januari 2013 pukul 18:13 | #5

    Greetings from Florida! I’m bored at work so I decided to browse your site on my iphone during lunch break. I love the info you provide here and can’t wait to take a look
    when I get home. I’m shocked at how quick your blog loaded on my cell phone .. I’m
    not even using WIFI, just 3G .. Anyways, very good site!

Komentar ditutup.
%d bloggers like this: